Berita Bola

Zainudin Amali Janji INAFOC Tak Didominasi Pemerintah

Berita Bola, Zainudin Amali Janji INAFOC Tak Didominasi Pemerintah

Menpora Zainudin Amali ditunjuk menjadi Ketua Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC). Dijanjikannya, kepanitiaan akan diisi dari berbagai kalangan.

Zainudin Amali menolak anggapan bahwa Panitia Penyelenggara Piala Dunia atau FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) bakal didominasi pemerintah. Ia berjanji susunan lengkap kepanitiaan akan rampung dalam waktu dekat.

“Susunannya nanti akan kami rapatkan dalam 1-2 hari untuk merampungkan SK (Surat Keputusan) melalui Keppres (Keputusan Presiden) dulu, kalau sudah terbit saya akan melengkapi susunan kepanitiaan,” kata Zainudin Amali, Rabu (2/7/2020).

“Semua unsur Kementerian/Lembaga, PSSI, Pemda akan kami libatkan di situ. Intinya, kami hanya mengkoordinir saja. Bahkan melibatkan expert di bidangnya masing-masing. Ini bukan pekerjaan main-main bukan seperti lomba 17-an,” ujarnya menambahkan dilansir dari Panduan Bermain Judi.

“Jadi saya akan lihat siapa yang berkompeten untuk terlibat dan tidak akan didominasi Kemenpora. Bisa TNI/Polri, PSSI, Kementerian/Lembaga lain sama bidang lain yang penting untuk masuk di kepanitiaan,” katanya lagi.

Baca Juga :

Liverpool Juara, Juergen Klopp Tak Lupakan Steven Gerrard

Penunjukkan Zainudin Amali menjadi Ketua INAFOC dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Hal itu terjadi dalam rapat Sidang Kabinet Terbatas (Ratas) yang dihadiri Kemenpora, beberapa kementerian lain, Presiden Jokowi, hingga Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Rabu (1/7/2020).

Turun tangannya pemerintah dalam mempersiapkan Piala Dunia U-20 tak terlepas dari rencana penggunaan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN). APBN dibutuhkan untuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur.

“Karena seluruh pembiayaan dari APBN. Sementara itu, ada single event yang tak pakai APBN. Misal World Cup Badminton atau bowling, itu kami lepaskan. Karena ini pemerintah harus membiayai dan masuk,” tutur Zainudin Amali.

“Dipa (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Kemenpora jadi ini hal wajar, dan PSSI akan dikomunikasikan ke FIFA. Ini hal biasa dan bukan istimewa. Teknis PSSI lebih tahu tentu kita akan ajak mereka,” ucapnya – Kamus Judi.