Warisan Cruyff untuk Barcelona Tak Tergantikan

Bandar Bola

Piala Dunia Eropa

Berita Bola,Pelatih Bayern Munich, Pep Guardiola, menyatakan warisan Johan Cruyff untuk Barcelona tidak tergantikan. Sejatinya tak hanya untuk Raksasa Katalunya semata, melainkan juga untuk dunia sepakbola secara keseluruhan.

Cruyff tutup usia akibat kanker paru-paru. Mantan bintang Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Belanda tersebut meninggal di usia 68 tahun.

Cruyff tidak hanya dikenal sebagai pesepakbola andal dan berprestasi. Saat menjadi pelatih khususnya untuk Barcelona, dia berhasil membawa Blaugrana meraih kesuksesan besar di periode 1988 hingga 1996.

Barcelona tak hanya perkasa di Spanyol, tapi juga pernah mengangkat trofi Liga Champions. Gaya permainan Cruyff menjadi cikal bakal tiki-taka Azulgrana saat ini.

“Lupakan tentang gelar karena saya memenangi lebih banyak gelar dari dia. Tapi, rasa hormat dan warisan dia tidak terbatas. Dan warisan itu tidak diukur melalui trofi. Tapi lebih ke fakta bahwa dia membawa perubahan,” kata Guardiola, seperti dilansir Soccerway, Sabtu (26/3/2016).

“Johan mengubah dua klub. Bukan hanya Ajax dan Barcelona, dia juga mengubah Tim Nasional Belanda dan Spanyol. Tidak ada yang bisa menggantikan apa yang telah Cruyff lakukan terhadap sepakbola. Barcelona dalam 25 tahun terakhir adalah miliknya,” jelasnya.