Ujian Barcelona untuk Bangkit

Agen Bola

Berita Bola ,Sudah dua pekan terakhir di Liga Spanyol Barcelona tak memetik kemenangan. Misi bangkit mereka kini dihadang Real Sociedad yang punya rekan jejak merepotkan.

Barca memang masih memimpin klasemen dengan nilai 76 dari 31 pekan. Mereka unggul enam angka dari Atletico Madrid di posisi dua dan tujuh poin Real Madrid di urutan tiga.

Tapi ada tren menurun belakangan ini dari Blaugrana. Mereka di dua laga terakhir cuma memetik hasil imbang kontra Villarreal yang diikuti kekalahan dari Madrid di El Clasico lalu.

Barca tentu tak mau selisih dengan Atletico dan Madrid terus menipis, karena bakal membuat tekanan terhadap mereka membesar. Akhir pekan ini misi bangkit diusung kala bertandang ke Sociedad.

Tak akan jadi laga yang mudah karena Sociedad punya riwayat menyulitkan Barca. Dalam lima pertemuan terakhir di berbagai ajang, keduanya berbagi rata dua kemenangan dan sisanya imbang.

Sementara di kandang Sociedad, sudah enam pertemuan terakhir Barca tak pernah menang dan menelan empat kekalahan. Kali terakhir mereka menang di Anoeta adalah pada Mei 2007 silam. Tantangan kian besar karena Sociedad akan berusaha mengeksploitasi fisik Barca setelah melakoni laga tengah pekan di Liga Champions.

Di partai lainnya, Atletico yang sedang dipepet Madrid akan bertandang ke Espanyol. Tiga poin jelas jadi target untuk menjaga keunggulan atas rival sekota mereka.

Misi tersebut didukung catatan bagus di mana mereka tak terkalahkan dalam empat pertemuan terakhir. Atletico menang tiga kali dalam rentang itu dan berimbang satu kali.

Namun perlu jadi catatan Atletico, bahwa mereka selalu kesulitan menang di kandang Espanyol. Satu-satunya hasil imbang di empat laga terakhir dipetik saat bermain tandang dan sisanya yang dimenangi diraih di kandang.

Secara keseluruhan dalam tujuh pertemuan terakhir di Cornella El Prat, Atletico cuma menang satu kali yakni pada September 2012 lalu. Sisanya mereka memetik tiga hasil imbang dan tiga kekalahan.

Dari tiga tim teratas, Madrid bisa dikatakan mendapatkan laga paling ringan. Los Blancos akan menjamu Eibar di Santiago Bernabeu.

Madrid berpeluang besar melanjutkan laju kemenangan di lima laga terakhir, mengingat Eibar sedang dalam rangkaian tanpa kemenangan. Sudah tujuh laga terakhir dilewati tanpa angka penuh, memetik dua hasil imbang dan lima kekalahan.

Madrid juga tak pernah kerepotan menghadapi Eibar. Dalam tiga pertemuan sejauh ini, mereka selalu menang dengan mencetak 9 gol dan belum sekalipun kebobolan.