Taklukkan Fiorentina, Juve di Ambang Trofi Scudetto Ke-32

Bandar Bola

Berita Bola,Juventus di ambang trofi scudetto ke-32 usai mengalahkan Fiorentina dengan skor 2-1 di lanjutan Serie A giornata 35, Senin (25/4/2015) dini hari WIB. Dengan koleksi 85 angka, Juve hanya membutuhkan satu poin tambahan untuk menjadi juara. Hal itu bisa didapatkan saat menjamu Carpi pada giornata 36.

Namun, Juve dapat menjuarai Serie A 2015-2016 lebih awal tanpa perlu memainkan laga kontra Carpi. Jika Napoli hanya meraih satu poin atau bahkan kalah dari AS Roma saat bertanding pada Senin (25/4/2016) malam WIB, Juve akan menjadi juara.

Sebab koleksi 85 angka milik Juve takkan mampu dikejar Partenopei –julukan Napoli. Jika Napoli imbang kontra Roma dan mampu memenangi tiga partai sisa, di akhir musim klub asuhan Maurizio Sarri hanya mencatatkan 83 poin.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Fiorentina dan Juventus sama-sama memiliki kepentingan di sisa musim 2015-2016. Fiorentina mengincar tiga poin demi tampil di Europa League musim depan. Sementara itu Juve membutuhkan tiga angka agar semakin dekat dengan trofi scudetto ke-32 sepanjang sejarah klub.

Karena itu, kedua pelatih menurunkan pemain-pemain terbaiknya. La Viola –julukan Fiorentina– menurunkan playmaker tajam, Josip Ilicic. Sementara Juve memainkan Paulo Dybala dan Mario Mandzukic untuk berduet di lini depan.

Fiorentina yang bermain sebagai tuan rumah menampilkan atrakftif pada laga kali ini. Pada 15 menit awal, klub asuhan Paulo Sousa berhasil mengurung pertahan Juve. Bahkan pada menit 13 Ilicic berhasil melepas sepakan keras, namun dapat ditangkap Buffon.

Juventus berhasil mencetak gol pada menit 16 lewat Sami Khedira. Namun, sepakan jarak dekat yang menghasilkan gol oleh pemain berpaspor Jerman itu tidak disahkan wasit. Sebab sebelum menerima bola dari Mario Mandzukic, Khedira sudah berada pada posisi offside.

Selang empat menit, giliran gol Fiorentina yang dianulit wasit. Federico Bernadeschi sedianya berhasil membobol gawang Juventus pada menit 19. Namun sebelum menerima umpan terobosan Ilicic, Bernardeschi sudah berada pada posisi offside.

Pada menit 21, Nikola Kalinic bermaksud memberi umpan silang kepada rekannya. Namun, bola hasil umpan Kalinic membentur Leonardo Bonucci. Beruntung, Buffon yang sudah mati langkah masih dapat menepis bola dengan kakinya.

Akhirnya gol yang ditunggu-tunggu datang juga. Juventus berhasil mencetak gol ke gawang Fiorentina pada menit ke-38 lewat Mario Mandzukic.

Gol bermula dari umpan silang yang dilepaskan Sami Khedira kepada Paul Pogba. Pogba berhasil menanduk bola untuk ditujukan kepada Mandzukic. Penyerang berpaspor Kroasia yang tak terkawal langsung melepas sepakan first time ke gawang Fiorentina kawalan Tatarusanu. Skor 1-0 untuk Juve dan bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Fiorentina lebih mendominasi babak kedua. Namun, Juve yang lebih mengandalkan pola serangan balik mampu mencetak peluang lebih dulu pada interval kedua. Pada menit 55 Pogba hampir membobol gawang Fiorentina jika tembakan jarak dekatnya tidak melebar dari gawang Tatarusanu.

Pada menit 60, Fiorentina dua kali mendapat peluang gol lewat tembakan Mauro Zarate dan Kalinic. Namun, Buffon yang bermain luar biasa berhasil menggagalkan peluang tersebut.

Selang empat menit, Zarate kembali mengancam. Akan tetapi tembakannya kali ini masih melebar dari gawang Bianconeri. Setelah menyerang terus-menerus, Fiorentina mampu mencetak gol pembuka.

Nikola Kalinic berhasil membobol gawang Buffon pada menit 80. Penyerang berpaspor Kroasia itu melepas sepakan keras kaki kanan dari luar kotak penalti yang mampu menghujam gawang Bianconeri. Skor sama kuat 1-1.

Juventus kembali berbalik unggul atas Fiorentina pada menit 82 lewat gol yang disarangkan Alvaro Morata. Gol bermula dari kondisi corner dan kemelut di muka gawang, Morata yang tak dalam kondisi terkawal berhasil melepas sepakan kaki kiri. Skor 2-1 sementara untuk keunggulan Juventus.

Fiorentina mendapat penalti pada menit 90 setelah Juan Cuadrado menjatuhkan Kalinic. Namun, eksekusi yang dilepaskan Kalinic berhasil diselamatkan Gianlugi Buffon! Skor masih 2-1 untuk keunggulan Juventus dan bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain:

Fiorentina: Tatarusanu; Tomovic, Gonzalo Rodriguez, Astori, Marcos Alonso; Badelj, Borja Valero; Bernardeschi, Ilicic (Zarate 53’), Tello (Matias Fernandez 62’); Kalinic

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Rugani; Lichtsteiner, Khedira, Lemina, Pogba, Evra; Mandzukic, Dybala (Morata 70’)