Agen Bola

Statistik El Clasico: Barcelona Berburu Gol ke-100 di Kandang Keramat Real Madrid

Berita Bola, Madrid – Santiago Bernabeu adalah markas keramat Real Madrid. Barcelona bakal menyambangi Bernabeu pada akhir pekan (21/11/15) dalam duel bertajuk el clasico.

Laga akbar el clasico sudah mentas puluhan tahun.

Tercatat, Barcelona sudah pernah 85 kali menyambangi markas Real Madrid, baik ketika masih menumpang di Estadio Metropolitano, Estadio Chamartin, atau kini di Bernabeu.

Dari 85 lawatan itu, Barca hanya pernah menang 18 kali.

Soal ketajaman, kubu Blaugrana sukses membukukan 99 gol. Artinya, Barca bisa mencatat rata-rata 1,16 gol per pertandingan tandang di el clasico.

Dari 99 gol tersebut, sebanyak 2 gol diciptakan di Estadio Metropolitano dan 14 gol di Estadio Chamartin. Sisa 83 gol lagi diceploskan Barca ke gawang Madrid di Bernabeu.

Duel akhir pekan menjadi misi individual bagi para pemain Barcelona. Siapa di antara mereka yang akan tercatat dalam sejarah sebagai pencetak gol ke-100 di markas musuh bebuyutan?

Kandidat terkuat jelas Lionel Messi. Dia masih raja gol el clasico sepanjang masa.

Dari 30 penampilan el clasico, Messi sudah mencetak 21 gol di semua ajang dengan 14 gol di antaranya tercipta di La Liga. Pada 23 Maret 2014, Messi juga bikin hattrick di Bernabeu yang membawa Barca menang 4-3.

Messi kerap tampil bagus di Bernabeu. Ia tampil di sana delapan kali, mencetak gol di lima pertandingan, dengan total delapan gol. Tentu saja Messi bisa menambah luka Madridista hanya jika fit dan siap dimainkan.

Kalau tak fit, kandidat pencetak gol ke-100 Barca di markas Madrid berikutnya jelas duet Neymar dan Luis Suarez. Musim lalu, Neymar mencetak gol tunggal Barca ke gawang Madrid. Namun, gol itu tak memberi kemenangan lantaran Barca kalah 1-3 di akhir laga.

Debut Suarez buat Barcelona juga terjadi di Bernabeu. Ia yang memberi assist buat gol Neymar tadi.

Selain Neymar dan Suarez, masih banyak punggawa Barcelona lain yang pernah bikin gol di Bernabeu: Dani Alves, Gerard Pique, Jordi Alba, sampai Jeremy Mathieu