Ranieri Beberkan Resep Sukses Leicester City

Agen Bola

Ranieri Beberkan Resep Sukses Leicester City

Berita Bola, LEICESTER ~  Dari tim yang musim lalu berkutat di zona degradasi. Leicester City tiba-tiba jadi tim yang bertarung merebutkan titel Premier League dan menjadi fenomena musim ini. Di laga terakhirnya The Foxes menang 3-1 dari Manchester City di Etihad Stadium, dan kian menegaskan mimpi mereka untuk meraih titel Premier League.

Banyak yang bertanya-tanya resep kesuksesan Leicester musim ini, terutamanya alasan di balik kegemilangan pemain-pemainnya seperti Riyad Mahrez, Jamie Vardy, N’Golo Kante, dan Shinji Okazaki. Dan manajer Leicester, Claudio Ranieri membeberkan kunci sukses tersebut.

Ranieri hanya mengubah instruksi singkat saat ia datang menggantikan Nigel Pearson. Ia tak membawa metode kepelatihan ala pelatih Italia yang kental taktik, dan hanya ingin anak-anak asuhnya bekerja keras di tiap pertandingan.

“Ketika saya berbicara dengan pemain saya menyadari bahwa mereka takut dengan taktik Italia. Bagi pelatih Italia, sepakbola berarti mencoba mengontrol pertandingan dengan mengikuti ide dan sistem pelatih. Anda berbicara banyak mengenai sepakbola, mereka tidak terlihat yakin dan begitu juga saya,” ungkap Ranieri kepada Corriere della Sera, Selasa (9/2/2016).

“Saya memberitahu pemain saya percaya mereka dan saya akan berbicara sedikit mengenai taktik. Bagi saya yang terpenting mereka semua bekerja keras seperti yang saya lihat mereka jelang akhir musim lalu (berjuang selamat dari zona degradasi),” lanjutnya.

Selain itu, Ranieri juga memberikan banyak keringanan kepada para pemainnya. Dan tidak terlalu memberikan porsi latihan yang keras di tengah ketatnya intensitas Premier League.

“Tim saya banyak berlatih keras tapi tidak setiap hari. Di Inggris pertandingan selalu berjalan di intensitas tinggi, itu melelahkan. Anda harus pulih. Kami bermain Sabtu dan kemudian Minggu libur untuk semuanya,” imbuh Ranieri.

“Kami memulai Senin dengan latihan ringan, seperti yang dilakukan di Italia. Selasa berlatih keras dan Rabu sepenuhnya beristirahat. Kamis kembali berlatih keras, Jumat bersiap untuk laga dan Sabtu pertandingan lainnya. Saya pastikan pemain paling tidak libur dua hari dari sepakbola tiap pekannya, dan ini janji saya kepada pemain sejak hari pertama,” pungkasnya.