Presiden Madrid Sebut Cruyff Sebagi Pemain Luar Biasa

Bandar Bola

Berita Bola,Legenda Barcelona dan Timnas Belanda, Johan Cruyff meninggal pada usia 68 tahun, Kamis 24 Maret 2016. Ia meinggal di Barcelona ditemani oleh keluarganya. Sebelumnya mantan pemain Ajax tersebut memang sempat mengalami kritis berkali-kali karena penyakit kanker yang ia terima.

Kepergian Cruyff rupanya mendapat tanggapan khusus dari Presiden Real Madrid, Florentino Perez. Menurut Perez, Cruyff adalah pemain yang luar biasa. Tak hanya itu, ia juga menyebut Cruyff sebagai pelatih yang sukses.

“Legenda sepakbola sejati. Saya ingin mengutarakan penyesalan saya. Mengatasnamakan seluruh anggota Real Madrid, kami mengucapkan duka cita dan cinta kami kepada Barcelona dan setiap orang yang ditinggalkan Cruyff,” ujar Perez seperti diberitakan BBC Sport, Jumat (25/3/2016).

“Ia adalah sosok yang kuar biasa. Saya dapat mengatakan bahwa hari ini adalah hari yang sangat menyedihkan untuk dunia sepakbola,” tandasnya.

Hendrik Johannes Cruyff mengawali kariernya di akademi Ajax Amsterdam pada 1957 sampai dengan 1963. Setelah tu ia berhasil merangkak ke tim senior pada 1964. Di tim senior, dirinya bermain selama 10 musim dan mencetak 190 gol.

Bersama dengan Ajax pada periode tersebut, Cruyff berhasil mempersembahkan enam gelar Eredivisie dan empat gelar KNVB Cup. Tak hanya itu, Cruyff juga berhasil membawa Ajax menjuarai tiga kali European Cup dan sekali UEFA Super Cup.

Setelah sukses bersama Ajax pada musim 1972-1973, Cruyff memutuskan untuk memulai kariernya di La Liga bersama Barcelona. Musim pertamanya berlangsung mulus karena ia langsung membawa Barcelona menjuarai La Liga musim 1973-1974. Namun masa baktinya di Barcelona tidak terlalu lama karena ia hanya menghabiskan lima musim.