Potensi Grup Neraka di Euro 2016

Agen Bola

Potensi Grup Neraka di Euro 2016

Berita Bola, PARIS ~  Lengkap sudah 24 negara peserta Euro 2016 yang bakal bertarung di Prancis. Kepastian itu didapat setelah Hungaria, Republik Irlandia, Swedia, dan Ukraina menjadi empat negara yang melaju melalui babak playoff.

Setelah itu, menarik menilik potensi grup neraka pada Euro 2016. Nantinya fase grup yang mulai dilangsungkan pada 10 Juni 2016 akan dibagi ke enam grup yang masing-masing diisi empat negara.

Tidak semua tim yang memiliki nama besar ditempatkan di pot 1 atau sebagai unggulan pertama. Salah satu contohnya ialah finalis Euro 2012, Italia, yang harus puas berada di pot 2.

Karena itu, tim asuhan Antonio Conte berpotensi satu grup dengan negara-negara kuat Eropa yang ditempatkan di pot 1 seperti Prancis, Spanyol, Jerman, Inggris, Portugal, dan Belgia.

Semisal Spanyol dan Italia berada di grup yang sama, bukan tak mungkin juara dan finalis Euro 2012 akan ditemani Republik Ceko (semifinalis Euro 2004) dan Turki (semifinalis Euro 2008). Sebab, Ceko dan Turki ditempatkan pada pot 3 dan 4 di fase grup nanti.

Nantinya negara-negara yang berada dalam pot sama takkan bertemu di fase grup. Pengundian fase grup sendiri akan dilangsungkan di Paris, Prancis, pada 12 Desember 2015.

Pada momen itu baru diketahui berada di posisi mana dan grup apa yang akan dihuni negara-negara kuat Eropa. Namun yang pasti, gelaran Euro 2016 diprediksi berjalan lebih menarik.

Sebab untuk pertama kali Euro diikuti 24 negara. Presiden nonaktif UEFA, Michel Platini, memberi kesempatan bagi negara-negara yang belum pernah merasakan manisnya turnamen antarnegara tersebut untuk merasakan ketatnya persaingan.

Berkat kebijakan itu, total ada lima negara yang mencicipi manisnya debut di Euro 2016 yakni Islandia, Irlandia Utara, Wales, Albania, dan Slovakia. Tentunya kelima negara tersebut ingin membuktikan bahwa mereka tak sekadar hanya numpang lewat di turnamen antarnegara Eropa itu.

Berikut ini pembagian pot atau daftar unggulan Euro 2016:

Pot 1: Spanyol, Jerman, Inggris, Portugal, Belgia.

Pot 2: Italia, Rusia, Swiss, Austria, Kroasia, Ukraina.

Pot 3: Republik Ceko, Swedia, Polandia, Rumania, Slovakia, Hungaria.

Pot 4: Turki, Republik Irlandia, Islandia, Wales, Albania, Irlandia Utara.