Pelatih Italia di Chelsea

Bandar Bola

Berita BolaKEPUTUSAN Antonio Conte meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Italia usai Euro 2016 membuatnya semakin gencar dikaitkan dengan Chelsea. Tidak sedikit pencinta sepakbola yang menilai peluang Conte melatih The Blues di musim 2016–2017 sangat besar.

Jika itu benar-benar terwujud, maka Conte akan menjadi pelatih asal Italia kelima yang melatih di Stamford Bridge. Sejauh ini, London Biru tercatat sudah empat kali bekerja sama dengan tangan dingin pelatih dari Negeri Piza.

Berikut ini daftar pelatih asal Italia yang pernah melatih Chelsea, sebagaimana dirangkum Okezone, Rabu (16/3/2016):

1. Gianluca Vialli (1998-2000)

Vialli diangkat menjadi pelatih Chelsea untuk mengisi posisi yang ditinggalkan pelatih sebelumnya yakni Ruud Gullit. Saat ditunjuk menjadi pelatih, pria kelahiran Cremona, Italia, itu masih terdaftar sebagai pemain The Blues dan baru pensiun sebagai pemain pada 1999.

Vialli menjadi pelatih selama dua musim. Pelatih yang kini berusia 51 tahun itu total memainkan 143 pertandingan bersama Chelsea. The Blues adalah tim pertama yang dilatihnya. Setelah meninggalkan Skuad London Biru, ia sempat melatih Watford selama satu musim yakni musim 2001–2002.

2. Claudio Ranieri (2000-2004)

Ranieri menjadi pelatih Italia kedua yang pernah melatih Chelsea. Pelatih yang kini berusia 64 tahun itu ditunjuk untuk menggantikan Vialli. Sejatinya usai kepergian Vialli, The Blues sempat menunjuk pelatih asal Inggris Graham Rix sebagai caretaker yang hanya sempat memimpin di dua laga.

Total 199 pertandingan Chelsea dimainkan di bawah asuhan Ranieri. Sayang, dalam kurun waktu empat musim melatih, tidak ada satu pun gelar yang bisa dipersembahkan Ranieri kepada London Biru. Alhasil, pelatih kelahiran Roma, Italia, itu didepak dari klub dan memilih Valencia sebagai klub yang ia latih selanjutnya

3. Carlo Ancelotti (2009-2011)

Ancelotti ditunjuk sebagai pelatih Chelsea pada awal musim 2009-2010. Saat itu, Don Carlo datang untuk menggantikan Guus Hiddink yang sebelumnya diplot sebagai caretaker klub usai mendepak pelatih Luiz Felipe Scolari.

Selama dua musim melatih di Stamford Bridge, total ada 109 laga yang dipimpin Ancelotti. Kegagalan mengulang prestasi di musim pertamanya melatih Chelsea membuat pelatih kelahiran Reggiolo, Italia, itu dipecat di akhir musim 2010–2011. Setelah didepak London Biru, Ancelotti pun memilih Paris Saint-Germain (PSG) sebagai pelabuhan berikutnya.

4. Roberto di Matteo (2012)

Saat pertama kali bergabung Chelsea di musim 2012, Di Matteo tidak langsung menjabat sebagai pelatih, melainkan sebagai asisten pelatih Andre Villas-Boas. Namun ketika Villas-Boas tampil di luar ekspektasi, Di Matteo pun diangkat menjadi pelatih.

Total ada 42 pertandingan Chelsea yang dipimpin mantan pelatih West Bromwich Albion (WBA) itu. Meski menghadirkan gelar juara di akhir musim 2011–2012, Di Matteo tetap didepak The Blues untuk digantikan dengan Rafael Benitez.