Menpora Berharap Sukses Manis Timnas U-19 Terulang

Menpora Berharap Sukses Manis Timnas U-19 Terulang

Berita Bola, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berharap memori manis tim nasional U-19 asuhan Indra Sjafri bisa terulang. Evan Dimas dan kawan-kawan ketika itu sukses menjadi juara Piala AFF 2013 yang dihelat di Sidoarjo, Jawa Timur.

“Kalau dikelola dengan baik tanpa ada sentuhan-sentuhan lain di luar konteks sepakbola maka saya kira hasil yang pernah dicapai U-19 tempo dahulu akan terulang di 2016 ini,” ujar Imam kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Rabu 20 Juli 2016.

Pekan lalu Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menunjuk Eduard Tjong untuk menangani timnas U-19. Tetapi tugasnya tak mudah, karena Piala AFF U-19 Youth Championship akan digelar pada 11 September 2016 mendatang.

Untuk melakukan seleksi, Eduard mesti meminta daftar nama pemain ke beberapa mantan pelatih timnas U-19 dan Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM). Dia juga baru bisa memulai pemusatan latihan pada 25 Juli 2016.

Akan tetapi, Menpora tak memikirkan hal tersebut. Sebab, menurutnya PSSI pasti menjatuhkan pilihan dengan pertimbangan yang matang, dan memprediksi prestasi yang akan didapat.

“Pemerintah dari awal sudah memberikan opsi. Bilamana federasi membutuhkan dukungan pemerintah maka harus disiapkan. Tapi sekarang mereka (PSSI) sudah punya pilihan, dan mari kita lihat hasilnya,” kata Imam.