Berita Bola

Kerap Berselisih dengan Van Gaal, Rivaldo Justru Sabet Trofi Ballon dOr 1999

Berita Bola,  Kerap Berselisih dengan Van Gaal, Rivaldo Justru Sabet Trofi Ballon dOr 1999

BAGI Anda pencinta Barcelona minimal sejak era 1990-an, pasti tidak asing dengan nama Rivaldo Vitor Borba Ferreira. Eks pesepakbola asal Brasil itu sempat membela Barcelona dalam kurun 1997-2002 dan menghadirkan empat trofi, yang mana dua gelar di antaranya merupakan gelar Liga Spanyol.

Untuk trofi Liga Spanyol, Rivaldo menyabetnya di dua musim awal membela Barcelona, tepatnya pada 1997-1998 dan 1998-1999. Akan tetapi ketimbang penampilan di musim perdana, performa Rivaldo jauh lebih baik di musim kedua (1998-1999).

Rivaldo

Saat itu dari 37 penampilan, pria asal Brasil itu mengoleksi 24 gol! Ia pun keluar sebagai top skor Barcelona di musim tersebut, dan menjadi runner-up top skor Liga Spanyol di bawah Raul Gonzalez yang mengoleksi 25 gol.

Jelas menurut Kamus Judi, pencapaian Rivaldo layak mendapat apresiasi saat itu. Hal itu karena Rivaldo tidak bermain di posisi terbaiknya saat itu. Sewaktu mengawali karier sebagai pesepakbola hingga akhirnya berlabuh di Deportivo La Coruna, Rivaldo lebih banyak beroperasi sebagai playmaker maupun penyerang.

Akan tetapi bersama Barcelona racikan Louis van Gaal, Rivaldo lebih banyak beroperasi di sisi lapangan yang otomatis membuatnya jauh dari gawang. Alhasil, Rivaldo dan Van Gaal itu kerap berselisih perihal posisi bermain.

[ Baca Juga : Man City Menang atas Man United, Klopp: Itu Bukan Akhir dari Segalanya ]

Namun dilansir dari Kamus Judi, otoritas tertinggi ada di tangan pelatih sehingga Rivaldo harus menuruti kemauan sang bos. Jika LvG –sapaan akrab Van Gaal– memainkan pola 3-4-3, Rivaldo akan diturunkan sebagai wing back kiri.

Kemudian jika LvG menurunkan 4-4-2, Rivaldo ditempatkan sebagai winger kiri. Hebatnya, Rivaldo justru tampil produktif saat ditempatkan di posisi tersebut. Koleksi 24 gol dalam satu musim kompetisi domestik merupakan yang terbanyak bagi Rivaldo, semenjak turun sebagai pesepakbola profesional pada 1991.

Infografis Rivaldo

Banyaknya koleksi gol plus berhasil membawa Barcelona meraih trofi Liga Spanyol 1998-1999, nyatanya memberi berkah bagi Rivaldo. Pria yang kini berusia 47 tahun itu meraih trofi Ballon d’Or 1999 setelah mengalahkan David Beckham yang membawa Manchester United merebut treble winner.

Bahkan perolehan poin Rivaldo jauh di atas Beckham saat itu. Rivaldo mengoleksi 219 poin, unggul dari Beckham (154) dan Andriy Shevchenko (Dynamo Kyiv/AC Milan – 64) di tempat ketiga.

Ternyata tidak hanya trofi Ballon dOr yang dimenangkan Rivaldo. Di tahun yang sama, Rivaldo juga memenangi trofi pemain terbaik dunia (FIFA World Player) setelah mengalahkan Beckham dan Gabriel Batistuta (Fiorentina – Argentina). Karena itu, 1999 jadi tahun yang indah bagi Rivaldo.