Berita Bola

Jelang Man United vs Barcelona, Ferguson Bocorkan Cara Hentikan Messi

Berita Bola, Jelang Man United vs Barcelona, Ferguson Bocorkan Cara Hentikan Messi

Manchester United akan bertemu Barcelona di perempatfinal Liga Champions 2018-2019. Jelas, tak mudah mengalahkan Barcelona yang dimotori pemain lima kali peraih trofi Ballon d’Or, Lionel Messi.

Untuk menghentikan pergerakan Messi, pelatih caretaker Man United Ole Gunnar Solskjaer dapat berkaca kepada eks juru taktik, Sir Alex Ferguson. Dalam autobiografinya yang dirilis pada 2013, Fergie –sapaan akrab Ferguson– mengungkapkan cara menghentikan agresivitas La Pulga –julukan Messi.

Sir Alex Ferguson

Fergie memiliki cara menghentikan Messi setelah dua kali membawahi Man United kontra Barcelona di final Liga Champions (2008-2009 dan 2010-2011). Akan tetapi ketimbang 2008-2009, final 2010-2011 jadi yang paling berkesan bagi Fergie.

Saat itu pada Kamus Judi, dua bek Man United yakni Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand dibuat tak berdaya oleh Messi. Imbas karena selalu menunggu di kotak penalti, Ferdinand dan Vidic pun menjadi bulan-bulanan Messi.

[ Baca Juga :  Tandang ke Liverpool, Legenda Milan Berlaga Layaknya The Beatles ]

Terbukti, dari tiga gol yang dibuat Barcelona di laga tersebut, dua di antaranya dilesakkan dari luar kotak penalti. Dua gol yang dilesakkan dari luar kotak penalti diciptakan Messi dan dan David Villa.

“Untuk mengalahkan Barcelona, Anda membutuhkan dua pemain belakang yang dalam kondisi terbaik. Rio (Ferdinand) dan Vidic saat itu sudah cukup berumur sehingga lebih banyak menunggu di kotak penalti. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan itu, namun menghadapi Barcelona dan Messi, Anda harus memiliki pendekatan yang berbeda,” kata Fergie mengutip dari Kamus Judi.

Lionel Messi

“Anda membutuhkan pemain belakang yang dapat menggiring Messi ke sisi kanan. Sebab ketika Messi berada di pinggir, ancaman yang diberikan takkan sebahaya ketimbang saat berada di tengah. Karena itu, andai kembali bertemu Messi di final Liga Champions, saya akan meminta Phil Jones dan Smalling untuk mendorong Messi ke sisi kanan,” tutup pelatih yang hampir 27 tahun menangani Man United tersebut.