Bandarbolaterbaik

Comeback di Istanbul hingga Kegagalan Juarai Liga Inggris Jadi Cerita Alonso Bersama Liverpool

Berita Bola, XABI Alonso mengenang momen-momen ketika membela Liverpool dalam kurun 2004-2009. Tidak hanya cerita indah yang dialami gelandang berpaspor Spanyol itu, namun juga ada cerita buruk menerpanya bersama Liverpool.

Dimulai dari cerita indah ketika membela Liverpoool kontra AC Milan di final Liga Champions 2004-2005 yang dilangsungkan di Istanbul, Turki. Di babak pertama, Liverpool tertinggal 0-3 oleh Milan.

Namun, rasa pantang menyerah mengubah peruntungan Si Merah. Hanya dalam kurun enam menit, Liverpool yang saat itu diasuh Rafael Benitez berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Steven Gerrard, Vladimir Smicer dan Alonso.

Skor 3-3 bertahan hingga pertandingan usai dan berlanjut ke babak adu penalti. Di fase tos-tosan tersebut, Liverpool menang 3-2 setelah eksekutor penalti terakhir Milan, Andriy Shevchenko, gagal menjalankan tugasnya.

Sementara momen terburuk Alonso ialah kegagalan meraih trofi Liga Inggris bersama Liverpool. Hanya sekali gelandang berpaspor Spanyol itu membawa Liverpool di persaingan gelar juara Liga Inggris, tepatnya pada 2008-2009. Saat itu Liverpool finis di posisi dua, terpaut empat angka dari Man United yang juara di musim tersebut.

“Penyesalan terbesar saya ialah gagal memenangi trofi Liga Inggris bersama Liverpool. Sementara itu, saya takkan melupakan pengalaman dan reaksi yang saya dapatkan usai memenangi trofi di Istanbul,” cerita Alonso mengutip dari Bandar Bola, Minggu (4/9/2016).